Berita Foto :admin.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Labuhanbatu selenggarakan Penguatan Strategi Implementasi Kegiatan (SIK)  dan Dokumentasi Online Perpustakaan (DOP) Berbasis Inklusi Sosial, yang menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia M.Romli Ridwan, S.Sos bertempat di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (23/7/2019).

M.Romli Ridwan, S.Sos memaparkan bahwa Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ” Literasi untuk Kesejahteraan” yang mempunyai tujuan terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang tujuan khususnya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan meningkatkan penggunaan layanan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

Dia juga memaparkan tentang strategi transformasi perpustakaan antara lain untuk meningkatkan kualitas layanan informasi baik dari buku, komputer dan juga internet perpustakaan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya serta melakukan advokasi kepada pimpinan daerah, stakeholder terkait dan juga sektor Swasta untuk mendapatkan dukungan kebijakan beserta anggaran yang berkelanjutan untuk transformasi perpustakaan, katanya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Ir. Leo Sunarta, M.MA pada sambutannya mengatakan bahwa Kab. Labuhanbatu yang terdiri dari 9 kecamataan dan 75 desa serta 23 Kelurahan.

Leo Sunarta merasa bangga karena Kabupaten Labuhanbatu diikutsertakan dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dimana ada 6 desa dari 75 desa masuk dalam program ini. Menurutnya program ini sangat baik untuk merubah paradigma masyarakat bahwa perpustakaan selama ini hanya tempat membaca buku saja tetapi banyak manfaatnya karena ada pelibatan masyarakat didalamnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian para masyarakat.

Selanjutnya Leo Sunarta menyebut apa yang telah diperbuat oleh Tim Transformasi Kab. Labuhanbatu dimana selalu berkoordinasi dengan para Kepala Desa untuk terus melaksanakan program yang telah disusun oleh masing-masing pengelola Perpustakaan Desa, seperti melaksanakan pelatihan komputer yang telah dilakukan oleh Desa Kampung Baru dan pelatihan Penanaman Tanaman secara Hidroponik oleh Desa Kampung Padang, dengan begitu para Kades dan Pengelola Perpustakaan dapat memanfaatkan perkembangan dan program yang telah dijalankan untuk pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini, ucapnya.

Tim Transformasi kabupaten juga telah melakukan pemasangan Instalasi jaringan untuk mendukung Program Aplikasi Inlislite dan Aplikasi Kunang-Kunang yang sedang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di sebagian Perpustakaan Desa dan berharap semua Perpustakaan Desa akan terkoneksi dengan Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu, pungkas Leo Sunarta.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Zuhera Winarti, SP, Kabid Perpustakaan Sofian dan Kabid Arsip Eiwan Budi Kuswara, M.Hum, Kasi Pembinaan dan Pengelolaan IT, Zuraidah Syah, SH serta Fasilitator Kabupaten Irwan Silalahi, dan Agustina Siregar serta Para Kades dan PIC Desa.

Menu