TUGAS DAN FUNGSI

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI
DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN
KABUPATEN LABUHANBATU

a. Kedudukan.
Kedudukan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan di Kabupaten Labuhanbatu.

b. Susunan Organisasi.
Susunan Organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Labuhanbatu terdiri dari:

1. Kepala Dinas.

2. Sekretariat terdiri dari:
a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
b. Sub Bagian Program;
c. Sub Bagian Keuangan.

3. Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Pembinaan Kelembagaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan terdiri dari:
a. Seksi Pembinaan Sumber Daya Manusia;
b. Seksi Pembinaan Kelembagaan;
c. Seksi Teknologi Informasi.

4. Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan dan
Deposit Daerah terdiri dari:
a. Seksi Pengolahan Bahan Pustaka;
b. Seksi Layanan Perpustakaan;
c. Seksi Deposit Daerah.

5. Bidang Arsip dan Dokumentasi terdiri dari:
a. Seksi Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi;
b. Seksi Layanan Arsip;
c. Seksi Pembinaan Arsip.

c. Tugas dan Fungsi

1. Kepala Badan.

a) Tugas:
Membantu Bupati melaksanakan penyusunan dan penyelenggaraan kebijakan dan urusan Pemerintahan Daerah bidang kesekretariatan, pengolahan bahan pustaka, layanan perpustakaan dan deposit daerah, pembinaan sumber daya manusia, pembinaan kelembagaan, teknologi informasi perpustakaan, arsip dan dokumentasi serta tugas pembantuan.

b) Fungsi:
1. Perumusan kebijakan teknis dalam bidang pengelolaan pengembangan bahan pustaka dan deposit daerah, layanan perpustakaan dan teknologi informasi, pembinaan sumber daya manusia dan pembinaan kelembagaan perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam bidang pengembangan dan pengolahan, layanan perpustakaan, teknologi informasi, pembinaan sumber daya manusia dan pembinaan kelembagaan perpustakaan serta arsip daerah;
3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dalam bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
4. Pelaksanaan tugas pembantuan pemerintahan di bidang pengembangan perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
5. Pelaksanaan pelayanan administrasi internal dan eksternal; dan
6. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

2. Sekretariat.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam urusan umum, kepegawaian, keuangan dan mengoordinasikan program kegiatan serta pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Dinas.

b) Fungsi:
1. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup Sekretariat;
2. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejabat struktural pada lingkup Sekretariat serta pelayanan umum;
3. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup Sekretariat;
4. Penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan administrasi perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian serta pelayanan umum;
5. Penyelenggaraan administrasi perencanaan program, keuangan, umum, kepegawaian dan pelayanan umum, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Penyelenggaraan koordinasi penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan Dinas sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Penyelenggaraan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya;
8. Penyelenggaraan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas, sesuai standar yang ditetapkan; dan
9. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

2.a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang ketatausahaan, umum, kepegawaian, perlengkapan dan rumah tangga di lingkungan Dinas.
b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat;
2. Melaksanakan penyusunan perencanaan/kegiatan kerja Sekretariat dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
3. Melaksanakan penyusunan dan pengolahan data kepegawaian;
4. Melaksanakan penyiapan dan pengusulan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja, pemberian penghargaan, pemberian cuti serta tugas/ijin belajar, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan/struktural, fungsional dan teknis, pemberian izin perkawinan dan perceraian;
5. Melaksanakan penyusunan bahan pembinaan disiplin pegawai;
6. Melaksanakan penyiapan bahan pengembangan karier dan mutasi serta pemberhentian pegawai;
7. Melaksanakan pengusulan peningkatan kesejahteraan pegawai di lingkungan Dinas;
8. Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan kepada unit di lingkungan dinas;
9. Melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
10. Melaksanakan administrasi/penatausahaan, penerimaan, pendistribusian, surat-surat, naskah dinas dan arsip;
11. Melaksanakan penggandaan naskah dinas;
12. Melaksanakan urusan keprotokolan, upacara, absensi dan penyiapan rapat-rapat;
13. Melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat, pelayanan umum, pelayanan minimal dan pendokumentasian surat-surat, barang bergerak dan barang tidak bergerak;
14. Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan aset lainnya serta ketertiban, keindahan, keamanan dan layanan kantor;
15. Melaksanakan penyusunan laporan, evaluasi dan monitoring kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawian;
16. Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
17. Melaksanakan penyerasian ketikan naskah dinas;
18. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;
20. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
21. Melaksanakan pembuatan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris, sesuai standar yang ditetapkan; dan
22. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.
2.b. Sub Bagian Program.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang penyusunan rencana program kerja, penyusunan bahan, penyiapan bahan dan rencana anggaran di lingkungan Dinas.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan, pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat;
2. Melaksanakan penyusunan perencanaan/program kerja Sekretariat dan Sub Bagian Program;
3. Melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan/program kerja Sekretariat dan Sub Bagian Program yang meliputi pengembangan, penyusunan bahan dan penyiapan anggaran dinas;
4. Melaksanakan pemantapan prosedur birokrasi kerja, tata naskah dinas, sarana administrasi, sistem layanan, pengkajian dan eksaminasi serta pengadministrasian dinas sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan penyusunan bahan rencana strategis (RENSTRA), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD serta penyusunan pengoordinasian evaluasi dan monitoring;
6. Melaksanakan pengelolaan dan pembinaan sistem perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
7. Melaksanakan penyusunan pengelolaan data perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
8. Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
9. Melaksanakan pengendalian administrasi perjalanan dinas pegawai;
10. Melaksanakan pelayanan dan penyiapan bahan atas pengawasan;
11. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
12. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
13. Melaksanakan pembuatan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris, sesuai standar yang ditetapkan; dan
14. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

2.c. Sub Bagian Keuangan.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang pengelolaan keuangan meliputi pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan di lingkungan Dinas.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan data/bahan dan referensi untuk kebutuhan;
2. Melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan/program kerja sekretariat yang meliputi pengembangan, penyusunan bahan dan penyiapan anggaran dinas;
3. Melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan dinas sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
4. Melaksanakan pembinaan perbendaharaan keuangan;
5. Melaksanakan penyiapan bahan dan pembinaan pengelolaan teknis administrasi keuangan;
6. Pembuatan daftar gaji dan tunjangan serta melaksanakan pembayaran gaji pegawai dan penghasilan tambahan lainnya;
7. Melaksanakan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung serta verifikasi keuangan pada dinas;
8. Melaksanakan sistem akuntansi instansi (SAI) dan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan;
9. Melaksanakan penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan administrasi keuangan;
10. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;
12. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada sekretaris, sesuai bidang tugasnya;
13. Melaksanakan pembuatan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada sekretaris, sesuai standar yang ditetapkan; dan
14. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

3. Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan dan kerjasama jaringan perpustakaan di Daerah Kabupaten Labuhanbatu.

b) Fungsi:
1. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan;
2. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejabat struktural pada lingkup Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Pembinaan Kelembagaan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan;
3. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup Bidang Pembinaan Sumber Daya Manusia, Pembinaan Kelembagaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan;
4. Penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan semua jenis perpustakaan, pengembangan Sumber Daya Manusia, Pembinaan Kelembagaan dan Teknologi Informasi perpustakaan, pemasyarakatan, penyuluhan, pembinaan pustakawan, pembinaan kelembagaan perpustakaan, pendidikan dan pelatihan tenaga teknis perpustakaan serta pengembangan minat baca sesuai kebijakan kabupaten;
5. Penyelenggaraan penyempurnaan dan penyusunan standar jaringan informasi bahan pustaka, penerapan otomasi dan media alternative lainnya;
6. Penyelenggaraan perencanaan program rencana jangka menengah dan tahunan dalam bidang pembinaan sumber daya manusia perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Penyelenggaraan perencanaan program rencana jangka menengah dan tahunan dalam bidang pembinaan kelembagaan perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Penyelenggaraan perencanaan program rencana jangka menengah dan tahunan dalam bidang teknologi informasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Penyelenggaraan penerapan otomasi, kerjasama jaringan perpustakaan dan media alternative lainnya sesuai ketentuan dan standar yang telah ditetapkan;
10. Penyelenggaraan pengoordinasian, pengendalian, penerapan otomasi, kerjasama jaringan perpustakaan dan media alternative lainnya sesuai ketentuan dan standar yang telah ditetapkan;
11. Penyelenggaraan pelaksanaan pengkordinasian, pengendalian, pemasyarakatan, penyuluhan, pendataan, dokumentasi, informasi, semua jenis perpustakaan dan pembinaan Pustakawan, pembinaan kelembagaan Perpustakaan serta pendidikan dan pelatihan Tenaga teknis perpustakaan, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
12. Penyelenggaraan pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas, sesuai dengan bidang tugasnya;
13. Penyelenggaraan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Dinas, sesuai dengan bidang tugasnya;
14. Penyelenggaraan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan; dan
15. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

3.a. Seksi Pembinaan Sumber Daya Manusia.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam menyelenggarakan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta peraturan dan kebijakan pengembangan pembinaan bimbingan penyuluhan sumber daya manusia perpustakaan.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pembinaan bimbingan penyuluhan pemasyarakatan jabatan fungsional, peserta magang dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia kepustakawanan;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pembinaan bimbingan penyuluhan pemasyarakatan jabatan fungsional, peserta magang dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia kepustakawanan;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pembinaan bimbingan penyuluhan pemasyarakatan jabatan fungsional, peserta magang, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia kepustakawanan;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Melaksanakan pembinaan teknis perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Melaksanakan penyuluhan pemasyarakatan jabatan fungsional sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
10. Melaksanakan magang perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
11. Melaksanakan lomba minat baca dan pustakawan teladan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
12. Memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai dengan bidang tugasnya;
13. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang, sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
14. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

3.b. Seksi Pembinaan Kelembagaan.

a) Tugas:
Melaksanakan sebahagian tugas Kepala Bidang dalam penyusunan perencanaan, pengembangan dan peningkatan kelembagaan serta pembinaan kelembagaan perpustakaan.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar koordinasi dan kerjasama pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan milik pemerintah maupun masyarakat, organisasi profesi perpustakaan, dokumentasi, informasi, pengembangan minat baca masyarakat;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar koordinasi dan kerjasama pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan milik pemerintah maupun masyarakat, organisasi profesi perpustakaan, dokumentasi, informasi, pengembangan minat baca masyarakat;
3. Melaksanakan penyiapan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar koordinasi dan kerjasama pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan milik pemerintah maupun masyarakat, organisasi profesi perpustakaan, dokumentasi, informasi, pengembangan minat baca masyarakat;
4. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar koordinasi dan kerjasama pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan milik pemerintah maupun masyarakat, organisasi profesi perpustakaan, dokumentasi, informasi, pengembangan minat baca masyarakat;
5. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan kelembagaan perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan lomba perpustakaan terbaik sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan kelembagaan perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Melaksanakan penyiapan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan kelembagaan perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan kelembagaan perpustakaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
10. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan milik pemerintah dan swasta, organisasi profesi perpustakaan, dokumentasi, informasi, pengembangan minat baca masyarakat sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
11. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya;
12. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
13. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

3.c. Seksi Teknologi Informasi Perpustakaan.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang pengembangan dan peningkatan otomasi dan multi media teknologi informasi perpustakaan sesuai dengan ketentuan standar yang ditetapkan.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan layanan internet, multi media, audio visual, pangkalan data, jaringan otomasi, kerjasama jaringan dan pengelolaan informasi;
2. Melaksanakan pengolahan data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan layanan internet, multi media, audio visual, pangkalan data, jaringan otomasi, kerjasama jaringan dan pengelolaan informasi;
3. Melaksanakan penyajian data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan layanan internet, multi media, audio visual, pangkalan data, jaringan otomasi, kerjasama jaringan dan pengelolaan informasi;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan otomasi dan multi media sesuai dengan ketentuan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan otomasi dan multi media sesuai dengan ketentuan standar yang ditetapkan;
6. Menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan otomasi dan multi media sesuai dengan ketentuan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan layanan internet, multi media, audio visual, pangkalan data, jaringan otomasi, kerjasama jaringan dan pengelolaan informasi, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya;
9. Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
10. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

4. Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan dan Deposit Daerah.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengembangan dan pengolahan bahan pustaka, layanan perpustakaan dan deposit daerah.

b) Fungsi:
1. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan dan Deposit Daerah;
2. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejabat struktural pada lingkup Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Layanan Perpustakaan, dan Deposit Daerah;
3. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan dan Deposit Daerah;
4. Penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan bahan pustaka dan koleksi perpustakaan;
5. Penyelenggaraan penyusunan dan Penyempurnaan standar pelaksanaan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan pelestarian terbitan Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu baik tercetak maupun terekam serta pemasyarakatan dan pengawasan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam;
6. Penyelenggaraan penyempurnaan dan penyusunan standar layanan kepustakaan serta penyelenggaraan penerapan program jangka menengah dan tahunan dalam bidang layanan perpustakaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan;
7. Penyelenggaraan pelaksanaan, pengoordinasian dan pengendalian layanan perpustakaan, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengoordinasian dan pengendalian dalam bidang pengembangan dan pengelolaan bahan pustaka, layanan perpustakaan dan deposit daerah, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Penyelenggaraan, pengembangan dan pengelolaan bahan pustaka dan koleksi perpustakaan, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
10. Penyelenggaraan, pengembangan dan pengelolaan terbitan Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, baik tercetak maupun terekam sebagai koleksi deposit daerah, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
11. Penyelenggaraan dan pengelolaan penerbitan Bibliografi Daerah, Daftar Judul Karya Cetak dan Karya Rekam, Katalog Induk Daerah, Daftar Tambahan Buku, hasil karya intelektual dan artistik pengarang Labuhanbatu, penerbitan Majalah Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi, Indeks Artikel Majalah dan Surat Kabar, dan penerbitan penulisan cerita rakyat daerah;
12. Penyelenggaraan Pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya;
13. Penyelenggaraan Pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi kepada Kepala Dinas sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
14. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

4.a. Seksi Pengolahan Bahan Pustaka.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam penyiapan penyusunan dan penyempurnaan prosedur tentang seleksi, pengadaan dan pengolahan bahan pustaka serta peningkatan pengembangan koleksi perpustakaan.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan prosedur tetap tentang seleksi, pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, penerbitan Katalog Induk Daerah dan penerbitan Daftar Tambahan Buku (Accession List) serta presevasi bahan pustaka;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan prosedur tetap tentang seleksi, pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, penerbitan Katalog Induk Daerah dan penerbitan Daftar Tambahan Buku (Accession List) serta presevasi bahan pustaka;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan prosedur tetap tentang seleksi, pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, penerbitan Katalog Induk Daerah dan penerbitan Daftar Tambahan Buku (Accession List) serta preservasi bahan pustaka;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan tentang pengembangan koleksi perpustakaan dan peningkatan pengolahan bahan pustaka, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan tentang pengembangan koleksi perpustakaan dan peningkatan pengolahan bahan pustaka, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan tentang pengembangan koleksi perpustakaan dan peningkatan pengolahan bahan pustaka, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan hunting dalam rangka seleksi pengadaan bahan pustaka dan penerbitan Katalog Induk Daerah, serta menyelenggarakan penerbitan Daftar Tambahan Buku, penerbitan Majalah Perpustakan, Kearsipan dan dokumentasi, penjilidan dan preservasi bahan pustaka;
8. Melaksanakan penelitian dalam rangka seleksi pengadaan bahan pustaka dan penerbitan Katalog Induk Daerah, serta menyelenggarakan penerbitan Daftar Tambahan Buku, penerbitan Majalah Perpustakan, kearsipan dan dokumentasi, penjilidan dan preservasi bahan pustaka;
9. Melaksanakan pengkajian dalam rangka seleksi pengadaan bahan pustaka dan penerbitan Katalog Induk Daerah, serta menyelenggarakan penerbitan Daftar Tambahan Buku, penerbitan Majalah Perpustakan, Kearsipan dan Dokumentasi, penjilidan dan preservasi bahan pustaka;
10. Melaksanakan pengadaan bahan pustaka sesuai dengan kepentingan pemustaka;
11. Melaksanakan pengolahan bahan pustaka sesuai dengan kepentingan pemustaka;
12. Melaksanakan pendistribusian bahan pustaka sesuai dengan kepentingan pemustaka;
13. Melaksanakan pengembangan koleksi perpustakaan sesuai dengan kepentingan pemustaka;
14. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan standar pengelolaan dan standar koleksi perpustakaan baik yang diselenggarakan oleh Kabupaten Labuhanbatu;
15. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai dengan bidang tugasnya;
16. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelakasanaan tugas dan fungsi kepada Kepala Bidang; dan
17. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

4.b. Seksi Layanan Perpustakaan.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam penyiapan pengumpulan, pengolahan, penyajian bahan/data terhadap penyusunan, penyempurnaan, pengembangan dan peningkatan standar layanan perpustakaan rencana jangka menengah dan tahunan.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar layanan jasa perpustakaan, informasi, bibliografi, literatur sekunder, administrasi keanggotaan perpustakaan, statistik, rujukan, kerjasama layanan dan sirkulasi bahan pustaka;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar layanan jasa perpustakaan, informasi, bibliografi, literatur sekunder, administrasi keanggotaan perpustakaan, statistik, rujukan, kerjasama layanan dan sirkulasi bahan pustaka;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar layanan jasa perpustakaan, informasi, bibliografi, literatur sekunder, administrasi keanggotaan perpustakaan, statistik, rujukan, kerjasama layanan dan sirkulasi bahan pustaka;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan layanan, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan layanan, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan peningkatan layanan, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan jasa layanan perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Melaksanakan jasa layanan informasi sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Melaksanakan jasa layanan bibliografi sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
10. Melaksanakan jasa layanan literatur sekunder sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
11. Melaksanakan administrasi keanggotaan perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
12. Melaksanakan statistik layanan perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
13. Melaksanakan jasa layanan rujukan bahan pustaka sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
14. Melaksanakan kerjasama layanan sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
15. Melaksanakan layanan perpustakaan keliling dan layanan terpadu perpustakaan sekolah (LTPS);
16. Melaksanakan promosi minat baca sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
17. Memberikan masukan yang perlu kepada Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya;
18. Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
19. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

4.c. Seksi Deposit Daerah.

a) Tugas:
Melaksanakan sebahagian tugas Kepala Bidang dalam pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pengumpulan, penyimpanan dan pelestarian karya intelektual dan artistik baik tercetak maupun terekam.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pengumpulan, penyimpanan dan pelestarian karya intelektual dan artistik baik tercetak maupun terekam yang diterbitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, peringatan dan penerapan sanksi hukum, hunting deposit, penerbitan Bibliografi Daerah dan penerbitan Daftar Judul Karya Cetak dan Karya Rekam;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pengumpulan, penyimpanan dan pelestarian karya intelektual dan artistik baik tercetak maupun terekam yang diterbitkan di Kabupaten Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, peringatan dan penerapan sanksi hukum, hunting deposit, penerbitan Bibliografi Daerah dan penerbitan Daftar Judul Karya Cetak dan Karya Rekam;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan standar pengumpulan, penyimpanan dan pelestarian karya intelektual dan artistik baik tercetak maupun terekam yang diterbitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, peringatan dan penerapan sanksi hukum, hunting deposit, penerbitan Bibliografi Daerah dan penerbitan Daftar Judul Karya Cetak dan Karya Rekam;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan pelestarian koleksi Deposit Daerah, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan pelestarian koleksi Deposit Daerah, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan pengembangan dan pelestarian koleksi Deposit Daerah, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan pengumpulan karya cetak dan terekam yang ditebitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990, peringatan dan penerapan sanksi hukum kepada para penerbit dan pengusaha rekaman yang tidak menyerahkan karya cetak dan karya rekamnya serta melakukan hunting deposit, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
8. Melaksanakan pengolahan karya cetak dan karya rekam yang ditebitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990, peringatan dan penerapan sanksi hukum kepada para penerbit dan pengusaha rekaman yang tidak menyerahkan karya cetak dan karya rekamnya serta melakukan hunting deposit, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
9. Melaksanakan penyimpanan karya cetak dan terekam yang ditebitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990, peringatan dan penerapan sanksi hukum kepada para penerbit dan pengusaha rekaman yang tidak menyerahkan karya cetak dan karya rekamnya serta melakukan hunting deposit, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
10. Melaksanakan pelestarian karya cetak dan terekam yang ditebitkan di Labuhanbatu dan terbitan tentang Labuhanbatu, pemasyarakatan, pemantauan realisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 1990, peringatan dan penerapan sanksi hukum kepada para penerbit dan pengusaha rekaman yang tidak menyerahkan karya cetak dan karya rekamnya serta melakukan hunting deposit, baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
11. Melaksanakan penerbitan Bibliografi Daerah, Daftar Judul Karya Cetak dan Karya Rekam, Indeks Artikel Majalah dan Surat Kabar, hasil Karya Pengarang Sumatera Utara, dan penerbitan penulisan cerita rakyat Daerah serta preservasi bahan pustaka;
12. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai dengan bidang tugasnya;
13. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi kepada Kepala Bidang, sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
14. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.
5. Bidang Arsip dan Dokumentasi.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pengelolaan arsip, layanan arsip dan pembinaan arsip dan dokumentasi.

b) Fungsi:
1. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup Bidang Arsip dan Dokumentasi;
2. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejabat struktural pada lingkup Bidang Arsip dan Dokumentasi;
3. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup Bidang Arsip dan Dokumentasi;
4. Penyelenggaraan penyempurnaan dan penyusunan standar pelaksanaan pembinaan arsip dinamis, pengelolaan arsip statis, jaringan kearsipan, dokumentasi, pengembangan sumber daya manusia kearsipan dan dokumentasi, pengembangan organisasi kearsipan dan dokumentasi, pembinaan kearsipan terhadap perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu, Badan Usaha Milik sesuai dengan standar yang ditetapkan;
5. Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengoordinasian dalam pemberian persetujuan jadwal retensi arsip, pemusnahan arsip kabupaten, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengoordinasian dalam dokumentasi kegiatan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang bernilai statis;
7. Penyelenggaraan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya;
8. Penyelenggaran pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelasanaan tugasnya kepada Kepala sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
9. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

5.a. Seksi Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam kegiatan Pengumpulan, Pengolahan, Penyajian Arsip Dinamis, Aktif, In Aktif, Statis dan Dokumentasi sesuai dengan standar kearsipan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan, penyelenggaraan standar kearsipan dinamis dan statis dan dokumentasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan standar yang ditetapkan;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan, penyelenggaraan standar kearsipan dinamis dan statis dan dokumentasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan standar yang ditetapkan;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan dan penyempurnaan, penyelenggaraan standar kearsipan dinamis dan statis dan dokumentasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan standar yang ditetapkan;
4. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana kearsipan dalam peningkatan pengelolaan arsip statis perangkat daerah pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Badan Usaha Milik Daerah, berskala Kabupaten sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana kearsipan dalam peningkatan pengelolaan arsip statis perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu, lintas daerah kabupaten, badan usaha milik daerah Kabupaten Labuhanbatu berskala Kabupaten, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana kearsipan dalam peningkatan pengelolaan arsip statis perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu, lintas daerah kabupaten, badan usaha milik daerah Kabupaten Labuhanbatu berskala Kabupaten, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
7. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana dokumentasi dalam peningkatan pengelolaan dokumentasi perangkat daerah, lintas daerah kabupaten, badan usaha milik daerah Kabupaten Labuhanbatu berskala kabupaten, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
8. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana dokumentasi dalam peningkatan pengelolaan dokumentasi perangkat daerah, lintas daerah Kabupaten Labuhanbatu, Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Labuhanbatu berskala kabupaten, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
9. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penggunaan sarana dan prasarana dokumentasi dalam peningkatan pengelolaan dokumentasi perangkat daerah, lintas daerah kabupaten, Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten dan berskala kabupaten, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
10. Melaksanakan pemberian persetujuan jadwal retensi arsip dan pemusnahan arsip Kabupaten Labuhanbatu yang telah memiliki pedoman retensi, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
11. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai dengan bidang tugasnya;
12. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang, sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
13. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

5.b. Seksi Layanan Arsip.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam menyiapkan bahan penyusunan rencana, pengembangan jaringan kearsipan, dokumentasi dan penyempurnaan standar pelestarian, pemeliharaan, perawatan, pengamanan, pembentukan jaringan informasi, pengelolaan, pelayanan, penilaian arsip statis dan dokumentasi.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk penyusunan rencana, pengembangan jaringan kearsipan, dokumentasi dan penyempurnaan standar pelestarian, pemeliharaan, perawatan, pengamanan, pembentukan jaringan informasi, pengelolaan, pelayanan, penilaian arsip statis dan dokumentasi;
Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk penyusunan rencana, pengembangan jaringan kearsipan, dokumentasi dan penyempurnaan standar pelestarian, pemeliharaan, perawatan, pengamanan, pembentukan jaringan informasi, pengelolaan, pelayanan, penilaian arsip statis dan dokumentasi;
2. Melaksanakan pengumpulan bahan/data untuk pengendalian dan pengawasan/supervisi, penelitian/pengkajian, serta peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
3. Melaksanakan pengolahan bahan/data untuk pengendalian dan pengawasan/supervisi, penelitian/pengkajian, peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
4. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk pengendalian dan pengawasan/supervisi, penelitian/pengkajian, pengembangan sistim sarana dan prasarana, pemberdayaan, pemasyarakatan, dan peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
5. Melaksanakan pelestarian, pemeliharaan, perawatan, pengamanan, pembentukan jaringan informasi, pengelolaan, pelayanan, penilaian arsip statis dan dokumentasi sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;
6. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya;
7. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang, sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
8. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

5.c. Seksi Pembinaan Arsip.

a) Tugas:
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang dalam kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data dalam rangka pengembangan sistim sarana dan prasarana, pemberdayaan, pemasyarakatan, pembinaan sumber daya manusia kearsipan dan dokumentasi, penyuluhan kearsipan, pengembangan dan peningkatan arsip statis dan dokumentasi.

b) Fungsi:
1. Melaksanakan pengumpulan bahan/data dalam rangka pengembangan sistim sarana dan prasarana, pemberdayaan, pemasyarakatan, pembinaan sumber daya manusia kearsipan dan dokumentasi, penyuluhan kearsipan, pengembangan dan peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
2. Melaksanakan pengolahan bahan/data dalam rangka pengembangan sistim sarana dan prasarana, pemberdayaan, pemasyarakatan, pembinaan sumber daya manusia kearsipan dan dokumentasi, penyuluhan kearsipan, pengembangan dan peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
3. Melaksanakan penyajian bahan/data dalam rangka pengembangan sistim sarana dan prasarana, pemberdayaan, pemasyarakatan, pembinaan sumber daya manusia kearsipan dan dokumentasi, penyuluhan kearsipan, pengembangan dan peningkatan arsip statis dan dokumentasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;
4. Melaksanakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Bidang, sesuai dengan bidang tugasnya;
5. Melaksanakan pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang, sesuai dengan standar yang ditetapkan; dan
6. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

BUPATI LABUHANBATU,

PANGONAL HARAHAP

.